5 Hal Penting Yang Dapat Dilakukan Dalam Mengurangi Kecelakaan Kerja


Kecelakaan pada tempat kerja merupakan hal yang sangat tidak di inginkan bagi setiap para pekerja, terutama para pekerja yang bergerak dibidang alat-alat berat atau ala industri. Hal umum yang sering terjadi ini terkadang banyak sekali yang sering menghiraukan dikarenakan banyaknya layanan jasa asuransi yang menawarkan bantuan pada mereka dalam masalah kecelakaan kerja. Namun hal itu hanyalah sebuah pertolongan pada hal yang sudah terjadi, dan terkadang dalam menghadapi hal yang sudah terjadi ini banyak sekali orang yang menyesalinya dan lebih memilih mencegahnya dari awal. Oleh karena itu melakukan tindakan pencegahan sangat perlu pada lingkungan kerja untuk mengurangi terjadinya kecelakaan kerja yang tidak diinginkan. Lalu apa saja tindakan pencegahan yang penting yang dapat dilakukan agar kita terhindar dari kecelakaan kerja?

1. Kebijakan Keamanan
Industri kecil ataupun besar harus selalu menyediakan buku panduan atau kebijakan dalam keamanan kerja. Hal ini bisa menyangkup banyak hal seperti pakaian pengaman, penggunaan alat perkakas, dan lain-lainnya yang wajib dibaca dan dipahami para pekerja. Dengan adanya panduan ini para pekerja dapat meningkatkan kewaspadaan mereka dalam melakukan pekerjaan.

2. Koordinator Lapangan
Pengawasan itu perlu. Terlebih lagi sebuah industri besar dengan berbagai macam alat-alat dan mesin industri yang tidak terhitung jumlahnya. Pastikan selalu menunjuk seseorang yang penting dan juga berpengalaman untuk mengisi posisi ini. Tidak hanya mencegah terjadinya kecelakaan, koordinator lapangan juga dapat membantu para pekerja baru dalam menggunakan mesin industri dengan aman.

3. Peralatan Yang Tepat   
Pastikan setiap pekerja memiliki peralatan industri ataupun alat perkakas yang berfungsi dengan baik. Menurut survey hampir dari 56% kecelakaan kerja itu terjadi dikarenakan tidak berfungsinya dengan baik peralatan yang tersedia. Pastikan juga untuk selalu melakukan pengecekan ke berbagai peralatan industri ataupun perkakas lainnya yang sudah lama tidak dipakai, agar tidak sembarang pekerja memakainya.

4. Jadwalkan Pelatihan
Pelatihan keamanan kerja selalu dilakukan pada setiap awal bekerja, dan sering sekali jarang diulang. Padahal dengan melakukan penjadwalan pelatihan dan melakukannya secara rutin dapat me-refresh para pegawai betapa pentingnya melakukan keamanan dalam bekerja.

5. Selalu Waspada Api
Api adalah sumber paling besar dalam terjadinya sebuah kecelakaan di tempat kerja. Fakta mengejutkannya lagi adalah, tidak peduli lingkungan kerja tersebut apakah dikelilingi bahan yang dapat mudah terbakar atau tidak, Api tetap menjadi resiko terbesar dalam terjadinya sebuah kecelakaan. Selalu sedia berbagai peralatan pemadam api dan juga alat safety yang dapat mencegah terjadinya kebakaran adalah sebuah keharusan. Meski lingkungan industrimu sekalipun rawan sekali terjadi kebakaran, hal ini tetap harus dilakukan.

Dengan mengetahui 5 hal diatas kamu pasti sadar, bahwa kecelakaan kerja baik di lapangan atau dimanapun bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa memperdulikan lingkungan kerja. Biasanya pekerjaan yang melibatkan arsitek indonesia juga banyak mengalami resiko. Banyak sekali tindakan pencegahaan yang dapat dilakukan, tapi 5 tindakan dasar diatas merupakan tindakan yang sangat baik jika kita menerapkannya secara disiplin dalam bekerja. 
5 Hal Penting Yang Dapat Dilakukan Dalam Mengurangi Kecelakaan Kerja | Zaini Kadege | 5